top of page
Search
  • Writer's pictureNamu Kim

Pajak Pembelian Rumah Berapa Persen? Ternyata 


Membeli rumah telah menjadi salah satu pencapaian terbesar dalam hidup. Namun, di balik kebahagiaan memiliki rumah impian, terdapat kewajiban yang perlu dipenuhi, yaitu pajak pembelian rumah. Adapun pertanyaan mengenai pajak pembelian rumah berapa persen, yang sering membingungkan sebagian orang.


Di dalam artikel ini, saya akan menjelaskan pajak pembelian rumah berapa persen beserta beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membeli rumah dengan kualitas terbaik.


Jenis-jenis Pajak Pembelian Rumah


Terdapat dua jenis pajak utama yang terkait dengan pembelian rumah, yaitu:


  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN): Pajak ini dikenakan atas pembelian rumah baru dari developer atau penjual yang terdaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Besaran PPN untuk pembelian rumah baru adalah 10% dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan.

  • Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB): Pajak ini dikenakan atas perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan, baik melalui jual beli, warisan, hibah, maupun lelang. Besaran BPHTB bervariasi tergantung pada daerah dan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan. Umumnya, BPHTB berkisar antara 5% hingga 10% dari NJOP.


Pajak Pembelian Rumah Berapa Persen?


Pembagian tanggung jawab pajak pembelian rumah tergantung pada jenis transaksinya. Seperti pembelian rumah baru dari pengelola properti, dimana PPN ditanggung sepenuhnya oleh pembeli, dan BPHTB ditanggung 50% oleh pembeli, 50% oleh penjual. Ada juga PPN yang tidak dikenakan oleh pembeli, namun BPHTB saja yang ditanggung 100% oleh pembeli.

Tips Membeli Rumah Dengan Tepat


Membeli rumah yang dengan harga terjangkau seringkali menyesatkan sebagian orang, lantaran banyaknya pilihan dan kualitas yang terkadang diragukan. Berikut ini saya akan membagikan beberapa tips membeli rumah dengan harga termurah sekaligus kualitas terbaik:


1. Tetapkan Anggaran dan Lakukan Perencanaan Keuangan

Langkah pertama adalah menentukan anggaran yang Anda miliki untuk membeli rumah. Pertimbangkan semua biaya yang terkait dengan pembelian rumah, seperti uang muka, biaya KPR (jika Anda menggunakan), biaya notaris dan pajak, biaya renovasi, dan biaya bulanan seperti cicilan KPR, tagihan listrik dan air, dan iuran perawatan lingkungan.


Buatlah rencana keuangan yang realistis dan pastikan Anda mampu memenuhi semua kewajiban finansial yang terkait dengan pembelian rumah. Jangan sampai Anda membeli rumah yang melebihi kemampuan finansial Anda dan terlilit hutang.


2. Pilih Lokasi yang Tepat


Lokasi rumah merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, lingkungan sekitar, fasilitas publik, keamanan, dan potensi pengembangan di masa depan.


Jika Anda memiliki anak, pertimbangkan jarak rumah ke sekolah, taman bermain, dan fasilitas pendidikan lainnya. Jika Anda bekerja, pertimbangkan jarak rumah ke tempat kerja Anda. Bagi Anda yang sedang mencari rumah di Serpong yang dekat dengan jalan tol langsung dan dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Ice BSD, Anda bisa mempertimbangkan rumah Citra Serpong.


3. Pilih Tipe Rumah yang Sesuai

Pertimbangkan jumlah kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan ruang lainnya yang Anda perlukan. Jika Anda memiliki keluarga besar, Anda mungkin membutuhkan rumah dengan lebih banyak kamar tidur dan ruang tamu. Jika Anda suka memasak, Anda mungkin membutuhkan dapur yang lebih luas.


4. Lakukan Survey dan Perbandingan

Sebelum membeli rumah, lakukan survey dan bandingkan beberapa rumah yang Anda minati. Perhatikan kondisi fisik bangunan, kualitas material, dan kelengkapan fasilitas. Anda juga dapat membaca ulasan dari pembeli lain atau bertanya kepada agen properti terpercaya untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.


5. Negosiasikan Harga

Jangan ragu untuk menegosiasikan harga rumah dengan penjual. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran rumah di area tersebut. Tawarkan harga yang wajar dan sesuai dengan kondisi rumah. Pastikan Anda mencapai kesepakatan harga yang memuaskan sebelum melanjutkan proses transaksi.


6. Gunakan Jasa Agen Properti Terpercaya

Jika Anda merasa kesulitan dalam mencari rumah atau melakukan proses transaksi, Anda dapat menggunakan jasa agen properti terpercaya. Agen properti dapat membantu Anda menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, serta membantu Anda dalam proses negosiasi dan transaksi jual beli rumah.


Itulah jawaban mengenai pajak pembelian rumah berapa persen. Pajak pembelian rumah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pembeli rumah. Dengan memahami pembahasan ini, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menyelesaikan proses transaksi jual beli rumah dengan lancar.




0 views0 comments

Comments


Postingan: Blog2_Post
bottom of page