top of page
Search
  • Writer's pictureNamu Kim

8 Cara Menata Ruang Tamu Yang Mudah Diterapkan



Sebagai pemilik rumah, Anda wajib mengetahui bagaimana cara menata ruang tamu yang benar. Salah satu ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah adalah ruang tamu.

Ruangan ini menjadi tempat untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga atau tamu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menata ruang tamu dengan cara yang baik dan benar untuk menciptakan kesan yang menarik.


Di dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik menata ruang tamu yang dapat membantu Anda menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan indah.


Cara Menata Ruang Tamu Yang Baik

Dalam menata ruang tamu, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini akan membantu Anda menciptakan suasana rumah yang nyaman, khususnya saat menerima tamu nantinya. Baiklah simak beberapa cara untuk menata sebuah ruang tamu di bawah ini.

1. Pilihlah Warna yang Sesuai

Warna adalah faktor penting dalam menata ruang tamu. Pilihlah warna-warna yang sesuai dengan gaya dan tampilan ruangan Anda. Jangan menggunakan terlalu banyak warna yang berbeda-beda, karena akan menciptakan kesan yang berantakan. Gunakan warna cat ruang tamu yang lebih netral untuk dinding dan lantai, dan gunakan warna yang lebih cerah untuk aksesoris dan dekorasi.


2. Letakkan Furnitur dengan Bijak

Memilih furnitur yang tepat sangat penting dalam menata ruang tamu. Pastikan Anda memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan dan gaya yang Anda inginkan. Jangan menempatkan terlalu banyak furnitur di ruangan, karena akan membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan.


Letakkan furnitur utama seperti sofa, meja tamu, dan kursi dengan bijak agar ruangan terlihat lebih teratur. Mudah bukan cara menata ruang tamu yang satu ini?


3. Jangan Lupa tentang Pencahayaan

Pencahayaan juga sangat penting dalam menata ruang tamu. Gunakan lampu yang cukup untuk menerangi ruangan secara keseluruhan, dan tambahkan lampu meja atau lampu dinding untuk memberikan sentuhan tambahan pada ruangan. Jangan lupa untuk memilih lampu yang sesuai dengan gaya dan warna ruangan.


4. Tambahkan Dekorasi yang Menarik

Dekorasi seperti bantal, karpet, dan ornamen dapat memberikan sentuhan tambahan pada ruangan. Pastikan Anda memilih dekorasi yang sesuai dengan warna dan gaya ruangan. Jangan menambahkan terlalu banyak dekorasi, karena akan menciptakan kesan yang berlebihan.


5. Letakkan Tanaman di Ruangan

Cara menata ruang tamu berikutnya, tanaman dapat memberikan sentuhan alami pada ruangan, dan juga membersihkan udara di dalam ruangan. Pastikan Anda memilih tanaman yang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan, seperti tanaman hias atau tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Letakkan tanaman di sudut ruangan atau di atas meja agar memberikan sentuhan segar pada ruangan.


6. Gunakan Rak atau Lemari untuk Menyimpan Barang-barang

Jangan biarkan barang-barang berserakan di ruangan. Gunakan rak atau lemari untuk menyimpan barang-barang seperti buku, majalah, atau aksesoris. Pastikan Anda memilih rak atau lemari yang sesuai dengan ukuran ruangan dan gaya ruangan.


7. Buat Fokus pada Satu Dinding

Jika ingin memberikan sentuhan khusus pada ruangan, buatlah fokus pada satu dinding dengan cara menambahkan wallpaper atau lukisan. Pastikan Anda memilih motif atau lukisan yang sesuai dengan warna dan gaya ruangan, dan jangan terlalu banyak menambahkan fokus pada dinding lainnya agar tidak menciptakan kesan yang berlebihan.


8. Pilih Bahan yang Tepat untuk Furnitur

Memilih furnitur yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan dan keindahan ruang tamu. Pastikan Anda memilih furnitur yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama. Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda seperti kulit sintetis atau kain yang mudah dibersihkan.


Dengan memilih furnitur yang tepat, Anda akan dapat menata ruang tamu dengan lebih mudah dan memberikan kesan yang lebih baik pada tamu yang datang berkunjung.


Kesimpulan

Sebenarnya, cara menata ruang tamu tidak perlu sulit dan rumit. Dengan mengikuti beberapa tips dan trik di atas, Anda dapat menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan indah.

Pastikan Anda memilih warna yang sesuai, letakkan furnitur dengan bijak, jangan lupa tentang pencahayaan, tambahkan dekorasi yang menarik, letakkan tanaman di ruangan, gunakan rak atau lemari untuk menyimpan barang-barang, dan buat fokus pada satu dinding.


6 views0 comments

Comments


Postingan: Blog2_Post
bottom of page